Search

Monday, October 7, 2013

11:30 PM
Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Selatan, Ir Sulkaf S Latief mengatakan bahwa rumput laut merupakan salah satu komoditas andalan Sulsel dan berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kualitas rumput laut eccotoni dan gracilaria asal Sulawesi Selatan merupakan yang tertinggi di Indonesia, produksinya juga paling tinggi diantara daerah penghasil rumput laut Sulawesi Selatan yang telah memasuki pasar dunia, utamanya negara eropa dan telah mengaplikasikan Standar Nasional Indonesia (SNI). 



Untuk itu Gubernur Sulawesi Selatan dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Selatan akan menambah 3 pabrik rumput laut di tahun 2013. Pabrik tersebut akan dibangun di daerah Bone, Palopo dan Jeneponto. Sebelumnya telah dibangun 4 pabrik rumput laut, hal ini bertujuan untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan produksi rumput laut guna mencapai ekonomi Sulawesi Selatan yang lebih baik.

Menurut Sulkaf, budidaya rumput laut masih menjadi komoditas Sulsel yang besar di Indonesia dan bahkan di dunia. Untuk itu pemerintah terus menggenjot dan memantau perkembangan dan memberdayakan masyarakat khususnya dalam bidang rumput laut, pemerintah memberikan bantuan untuk dua golongan yakni golongan pemula dan golongan pengembangang. Golongan pemula diberikan terutama pada masyarakat yang tergolong miskin dan pemula dalam mengembangkan usaha rumput laut seperti pemberian bantuan bibit, tali sedangkan untuk golongan pengembangang akan diberikan bantuan berupa penguatan penanganan lanjutan.

Sumber berita: http://www.jasuda.net/index_mbr.php?page=berita_detail&recordID=573

0 comments:

Post a Comment